Nama : Silvia Wahyuningtias
Npm : 56415572
Kelas : 3IA21
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Game
Nama Dosen : Syefani Rahma Deski
PENGERTIAN TEORI GAME
Menururt Dimiyati (1992), teori permainan (game
theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan
keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan
atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini disumsikan bersifat rasional dan
cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang
rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga
mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak ini disebut pemain.
Menurut Ayu (1996), game theory merupakan
suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik
antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih
pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam game
theory mempunyai keinginan untuk menang.
Tujuan teori ini adalah menganalisa proses
pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau
lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang
disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi.
Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara explicit
pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari
setiap pemain.
Terdapat dua jenis strategi permainan yang dapat
digunakan pada game theory, yaitu pure strategy (setiap pemain
mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy (setiap pemain
menggunakan campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda). Pure
strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyai saddle
point (semacam titik keseimbangan antara nilai permainan kedua pemain).
Sedangkan mixed strategy digunakan untuk mencari solusi optimal
dari kasus game theory yang tidak mempunyai saddle point.
MANFAAT TEORI GAME
Game theory juga memiliki manfaat
bagi pihak-pihak yang terlibat didalamnya. Manfaat tersebut tidak lepas dari orang yang terlibat serta
yang pertama kali mengemukakan game theory, yaitu seorang ahli matematika
Perancis Emile Borel (1921). Kemudian dikembangkan oleh John V,N
dan Oscar Mogenstern lebih lanjut sebagai alat untuk merumuskan perilaku
ekonomi yang bersaing.Model –model Teori permainan diklasifikasikan dengan
sejumlah cara, seperti jumlah pemain, jumlah keuntungan dan kerugian dan jumlah
strategi yang digunaka dalam permainan.
Teori permainan dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan yaitu strategi optimum dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Berikut Manfaat dari Game Theory:
Teori permainan dikembangkan untuk menganalisa proses pengambilan keputusan yaitu strategi optimum dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan. Berikut Manfaat dari Game Theory:
- Mengembangkan suatu kerangka untuk pengambilan keputusan dalam suatu persaingan
- Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang tradisional dalam pencapaian tujuan
- Memberi gambaran dan penjelasan penomena situasi persaingan / konflik.
- Membuat strategi negosiasi, ataupun strategi dalam persaingan bisnis yang diwarnai oleh terjadinya konflik.
GAME ENGINE
Definisi Game Engine adalah system perangkat
lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak
mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan
sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan
tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan,
streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik.
Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan
kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Tipe tipe game engine :
Roll-your-own
game engine. Banyak perusahaan game kecil
seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti
mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game
engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries
komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari
nol.
Mostly-ready
game engines. Engine engine ini biasanya sudah
menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya
termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya.
Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung
digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Point-and-click
engines. Engine untuk point-and-click
merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly.
Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti
GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding,
kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Sumber :
No comments:
Post a Comment