Follow Us @silviawt

Monday, November 12, 2018

Proposal Business Plan

Nama Kelompok : Juragan Komputer
Farhan Johandy
M, Aji H.
M. Popov
Silvia W.
Yuda A.

Kelas : 
4IA21

Dosen :
 Lely Prananingrum S.Kom.,MMSI



JL.GALAXY RAYA NO 10
BEKASI
17510
081514154309


1.    PENDAHULUAN
 
          1.1  Sejarah Berdirinya

Juragan Komputer merupakan sebuah toko yang didirikan tahun 2018. Beralamat Jl. Galaxy Raya No.10 Kota Bekasi. Latar  belakang pendirian toko tersebut adalah tingginya minat masyarakat terhadap perkembangan teknologi khususnya dalam bidang komputer.
Juragan Komputer adalah toko penjualan komputer yang mengkhususkan diri dalam penyediaan produk-produk teknologi komputer terkini baik secara grosir maupun perorangan. Komitmen kami kualitas adalah segalanya, dengan harga yang kompetitif dan didukung pula dengan layanan purna jual yang baik semua hanya untuk anda, yakinkan kami adalah rekan sejati bisnis anda.
Jika anda merasa khawatir atau takut dengan transaksi online ?, kami menyediakan line telepon dan alamat lengkap serta toko, jadi jangan segan untuk menghubungi kami, kami akan selalu siap untuk melayani anda

1.2  Visi dan Misi Usaha

Visi :
1.     Menjadi bisnis yang bisa menyajikan kebahagian, dengan harga Pas kualitas ter-Atas.
2.     Menciptakan brand image yang kuat.
3.     Menjadi toko komputer terkemuka yang selalu konsisten dalam menyediakan produk dengan kualitas ter-atas sehingga memuaskan pelanggan.
Misi :
1.     Menciptakan sebuah toko komputer dengan berbagai produk terbaru.
2.     Mengusahakan segmentasi yang lebih merakyat dengan penentuan harga yang lebih  terjangakau.
3.     Menyediakan peralatan Komputer dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya.


2. ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP)

Segmen Pasar

Kami mengusahakan segmentasi pasar kami seluas mungkin :
1.     Sifat dari komputer itu sendiri yang dibutuhkan oleh setiap orang.
2.     Semua orang saat ini menggunakan komputer.
Kami memperkirakan pembeli potensial terbanyak adalah golongan usia remaja ke atas.


  Target Pasar
Secara garis besar kami menciptakan dan menjual produk yang bersifat merakyat alias terjangkau. Produk yang kami jual antara lain :
1.  Hardware komputer meliputi :  harddisk, processor, ram, keyboard, mouse,monitor, motherboard, dll.
2.     Aksesoris komputer meliputi : flashdisk, cooling pad, speaker, dll.
Kami juga menyediakan satu atau beberapa varian produk yang berkualitas tinggi (dan dengan harga lebih tinggi tentunya).  Tingkatan kualitas tersebut (dari bawah ke atas), dengan harapan menjadi nilai positif bagi efek psikologis ke konsumen.

Positioning
Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan yang akan kami jalankan. Sedangkan usaha di bidang dan jenis yang sama –walaupun belum ada di lokasi target pasar kami- sudah mulai banyak bermunculan. Beberapa nama pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan komputer adalah :
  1. Multimedia Nusantara
  2. Sodagar Komputer
  3. Abee Pro 
2.2 Permintaan
Strategi Pemasaran
    Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen, kami menyusun strategi pemasaran sebagai berikut:
1.     Membuat dan membuka toko yang menarik perhatian calon pembeli.
2.     Menyebarkan Brosur dan Pamflet
3.     Mengiklankan di Social media (Facebook, Instagram, Twitter, Iklan televisi)
4.     Promosi pada waktu pembukaan dengan memberikan diskon 35%
5.     Promosi memberikan kupon diskon untuk pembelian selanjutnya (minimal belanja 200rb mendapat kupon diskon 30rb).
6.     Membuat website sendiri untuk toko Juragan computer.

Analisis Sumber Daya Manusia (SDM)

Gambaran Kebutuhan SDM
Kami membagi SDM menjadi 3 fungsi dalam memenuhi kebutuhan SDM, yaitu :
1.     Bagian Operasional, yang mengurus perlengkapan dan jalannya usaha sehari-hari.
2.     Bagian Sales, mengurus penjualan produk sehari-hari, termasuk melayani pembeli.
3.     Bagian keuangan, mencatat dan mengkomunikasikan laporan keuangan.
 

Rencana Pengembangan SDM
Rencana Pengembangan SDM akan kami implementasikan pada 2 titik waktu, yaitu :
1.     Pada awal perekrutan sales untuk toko awal kami. Pengembangan meliputi strategi          marketing.
2. Pengembangannya adalah pelatihan untuk semua bagian SDM, yaitu operasional, keuangan, dan sales.


Analisis Konsumen
Perilaku konsumen dalam membeli produk komputer dipengaruhi oleh sosial dan pribadi. Oleh karena itu, analisis konsumen yang dapat disimpulkan adalah:
1.  Keyakinan konsumen untuk membeli produk komputer diperoleh melalui kebutuhan konsumen itu sendiri atau merupakan kebutuhan eksternal yang harus dipenuhi (membeli laptop untuk mengerjakan tugas kuliah).
2.    Konsumen akan mencari toko penjual produk komputer yang memiliki indikator yang baik dalam segi pelayanan, harga, kualitas, garansi dan reputasi toko.
3.   Konsumen akan mengevaluasi produk komputer seperti membandingkan harga dengan toko lain atau mencari harga pasaran melalui internet.
4.  Konsumen mendapat keyakinan dalam memilih suatu toko produk komputer melalui pendapat orang lain bahwa toko produk komputer A lebih baik dari toko produk komputer B.

Proses Penjualan
Produk yang kami jual meliputi perangkat komputer seperti prosesor, memori, hard drive, kartu pengolah grafis dan perangkat periferalnya seperti mouse, keyboard, printer dan scanner  sehingga dalam proses penjualan membutuhkan sales yang memahami tentang sistem komputer. Selain membuat toko fisik, kita juga menyediakan toko online pada beberapa e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee dan juga website sendiri. Untuk proses pembayaran, pembeli dapat membayar secara cash atau menggunakan Debit/Kredit Bank tertentu. Semua proses penjualan dan pembelian dicatat menggunakan nota sebagai bukti sah proses pembayaran.
 

 
 




No comments:

Post a Comment