Nama Kelompok : Juragan Komputer
Farhan Johandy
M, Aji H.
M. Popov
Silvia W.
Yuda A.
Kelas :
4IA21
Dosen :
Lely Prananingrum S.Kom.,MMSI
JL.GALAXY RAYA NO 10
BEKASI
17510
081514154309
1. PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Berdirinya
Juragan Komputer merupakan sebuah toko yang didirikan
tahun 2018. Beralamat Jl. Galaxy Raya No.10 Kota Bekasi. Latar belakang
pendirian toko tersebut adalah tingginya minat masyarakat terhadap perkembangan
teknologi khususnya dalam bidang komputer.
Juragan
Komputer adalah toko penjualan komputer yang mengkhususkan diri dalam
penyediaan produk-produk teknologi komputer terkini baik secara grosir maupun
perorangan. Komitmen kami kualitas adalah segalanya, dengan harga yang
kompetitif dan didukung pula dengan layanan purna jual yang baik semua hanya
untuk anda, yakinkan kami adalah rekan sejati bisnis anda.
Jika
anda merasa khawatir atau takut dengan transaksi online ?, kami menyediakan
line telepon dan alamat lengkap serta toko, jadi jangan segan untuk menghubungi
kami, kami akan selalu siap untuk melayani anda
1.2 Visi dan Misi Usaha
Visi :
1. Menjadi
bisnis yang bisa menyajikan kebahagian, dengan harga Pas kualitas ter-Atas.
2. Menciptakan
brand image yang kuat.
3. Menjadi
toko komputer terkemuka yang selalu konsisten dalam menyediakan produk dengan
kualitas ter-atas sehingga memuaskan pelanggan.
Misi :
1. Menciptakan
sebuah toko komputer dengan berbagai produk terbaru.
2. Mengusahakan
segmentasi yang lebih merakyat dengan penentuan harga yang lebih terjangakau.
3. Menyediakan peralatan Komputer dan memberikan pelayanan yang terbaik
bagi para pelanggannya.
2. ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran Umum Pasar (STP)
Segmen Pasar
Kami
mengusahakan segmentasi pasar kami seluas mungkin :
1. Sifat dari komputer itu sendiri yang
dibutuhkan oleh setiap orang.
2. Semua orang saat ini menggunakan
komputer.
Kami memperkirakan pembeli potensial
terbanyak adalah golongan usia remaja ke atas.
Target
Pasar
Secara
garis besar kami menciptakan dan menjual produk yang bersifat merakyat alias
terjangkau. Produk yang kami jual antara lain :
1. Hardware komputer meliputi : harddisk, processor, ram, keyboard,
mouse,monitor, motherboard, dll.
2.
Aksesoris komputer meliputi : flashdisk, cooling pad,
speaker, dll.
Kami
juga menyediakan satu atau beberapa varian produk yang berkualitas tinggi (dan
dengan harga lebih tinggi tentunya). Tingkatan kualitas tersebut (dari bawah ke
atas), dengan harapan menjadi nilai positif bagi efek psikologis ke konsumen.
Positioning
Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang
menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan yang akan kami jalankan.
Sedangkan usaha di bidang dan jenis yang sama –walaupun belum ada di lokasi
target pasar kami- sudah mulai banyak bermunculan. Beberapa nama pesaing
potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan komputer adalah :
- Multimedia Nusantara
- Sodagar Komputer
- Abee Pro
2.2 Permintaan
Strategi
Pemasaran
Dalam mengusahakan
agar produk sampai ke tangan konsumen, kami menyusun strategi pemasaran sebagai
berikut:
1. Membuat
dan membuka toko yang menarik
perhatian calon pembeli.
2. Menyebarkan
Brosur dan Pamflet
3. Mengiklankan
di Social media (Facebook, Instagram, Twitter, Iklan televisi)
4. Promosi
pada waktu pembukaan dengan memberikan diskon 35%
5. Promosi
memberikan kupon diskon untuk pembelian selanjutnya (minimal belanja 200rb
mendapat kupon diskon 30rb).
6. Membuat
website sendiri untuk toko Juragan computer.
Analisis
Sumber Daya Manusia (SDM)
Gambaran Kebutuhan SDM
Kami membagi SDM
menjadi 3 fungsi dalam memenuhi kebutuhan SDM, yaitu :
1. Bagian
Operasional, yang mengurus perlengkapan dan jalannya usaha sehari-hari.
2. Bagian
Sales, mengurus penjualan produk sehari-hari, termasuk melayani pembeli.
3. Bagian
keuangan, mencatat dan mengkomunikasikan laporan keuangan.
Rencana Pengembangan SDM
Rencana
Pengembangan SDM akan kami implementasikan pada 2 titik waktu, yaitu :
1. Pada
awal perekrutan sales untuk toko awal kami. Pengembangan meliputi strategi
marketing.
2. Pengembangannya
adalah pelatihan untuk semua bagian SDM, yaitu operasional, keuangan, dan
sales.
Analisis
Konsumen
Perilaku konsumen dalam membeli produk komputer dipengaruhi oleh sosial
dan pribadi. Oleh karena itu, analisis konsumen yang dapat disimpulkan adalah:
1. Keyakinan konsumen untuk membeli
produk komputer diperoleh melalui kebutuhan konsumen itu sendiri atau merupakan
kebutuhan eksternal yang harus dipenuhi (membeli laptop untuk mengerjakan tugas
kuliah).
2. Konsumen akan mencari toko
penjual produk komputer yang memiliki indikator yang baik dalam segi pelayanan,
harga, kualitas, garansi dan reputasi toko.
3. Konsumen akan mengevaluasi produk
komputer seperti membandingkan harga dengan toko lain atau mencari harga
pasaran melalui internet.
4. Konsumen mendapat keyakinan dalam
memilih suatu toko produk komputer melalui pendapat orang lain bahwa toko
produk komputer A lebih baik dari toko produk komputer B.
Proses
Penjualan
Produk
yang kami jual meliputi perangkat komputer seperti prosesor, memori, hard
drive, kartu pengolah grafis dan perangkat periferalnya seperti mouse,
keyboard, printer dan scanner sehingga
dalam proses penjualan membutuhkan sales yang memahami tentang sistem komputer.
Selain membuat toko fisik, kita juga menyediakan toko online pada beberapa e-commerce
seperti tokopedia, bukalapak, dan shopee dan juga website sendiri. Untuk proses
pembayaran, pembeli dapat membayar secara cash atau menggunakan Debit/Kredit
Bank tertentu. Semua proses penjualan dan pembelian dicatat menggunakan nota
sebagai bukti sah proses pembayaran.
No comments:
Post a Comment