Pernah
gak waktu kamu mau pergi ke mall atau ke pasar swalayan atau mall yang
rencananya hanya membeli yang telah kamu tilis atau inginkan ternyata
sampai disana kamu belanja dari apa yang kamu rencanakan diawal, atau
bahkan saat mau ke mall yang rencananya cuman pengen jalan2 ternyata
akhirnya belanja? ternyata pengelola mall atau pasar swalayan memiliki
trik khusus untuk pengunjung agar membelanjakan uang mereka lebih dari
yang direncanakan, apakah itu simak fakta-fakta dibawah ini.
5. Merubah letak barang-barang secara berkala
kamu
datang dengan daftar belanjaan… Itulah yang paling ditakuti para
pengelola pasar swalayan. Tp ternyata mereka tidak kekurangan akal.
Rotasi saja letak rak-rak secara berkala. Hal ini akan membuat
kamu harus mencari letak barang yang kamu beli, saat kamu mencari
barang yang kamu beli tentu saja kamu juga harus melewati
barang-barang lain, di sinilah pikiran kamu mulai memanipulasi
kamu untuk membeli barang yang tidak kamu perlukan karena terpengaruh
tulisan “disc” dan “buy 1 get 1”
4. Memperbesar budget Kamu
kamu datang
dengan batasan tertentu “Hari ini saya Cuma boleh belanja Rp
300.000,00”, namun tentu saja kamu tidak mungkin hanya membawa Rp
300.000,00 kan? Bahkan pada umumnya pembeli juga membawa ATM atau kartu
kredit.
Bagaimana
cara memperbesar budget kamu ? Ternyata mudah.. Gunakan harga yang
tidak pas seperti Rp 12.890,00. Saat kita melihat satu harga seperti ini
kita akan langsung sadar bahwa sebenarnya harganya adalah Rp 13.000,
rupiah. Namun dengan banyaknya barang yang kamu beli (dan seringkali
untuk satu jenis tidak hanya satu), secara tidak sadar ketika
menjumlahkannya kamu akan membulatkannya menjadi Rp 12.000,00. Dan
jangan heran ketika kamu membayar kamu kaget karena uang
kamu menjadi kurang.
3. Ubin ukuran 30 x 30
Mungkin
kamu sudah pernah berkunjung ke Ma**o ataupun Af**, harga mereka
bersaing, pengunjungnya dulu juga banyak, tetapi mengapa mereka merugi?
Jawabannya ada pada ubin mereka. Mereka menggunakan cor semen polos
untuk lantai mereka. Hal ini menyebabkan para pengunjung yang berkunjung
secara tidak sadar berjalan dengan cepat. Berbeda dengan pesaingnya
semacam Hyper***, mereka menggunakan ubin ukuran 30×30, menurut riset
inilah ukuran yang paling tepat untuk membuat para pengunjung
memperlambat langkah mereka dan menengok kanan kiri, para pengunjung
akan memperlambat langkah mereka karena mereka secara tidak sadar
mengalami guncangan-guncangan karena roda troli mereka melewati
sambungan ubin.
2. Tidak semua kasir aktif
Ini
juga trik cerdik mereka. Dengan jumlah kasir yang sedikit akan mulai
terjadi antrian, biasanya pengelola pasar swalayan mempunyai pedoman
bahwa panjang antrian harus sejumlah 7-9 orang. Jumlah antrian ini akan
membuat pengunjung merasa pusat perbelanjaan tersebut adalah pusat
perbelanjaan yang ramai. Selain itu sambil mengantri mereka juga akan
melihat-lihat etalase di samping kasir, antrian ini memperbesar
kemungkinan mereka untuk membelinya.
1. Memajang snack dan permen di samping kasir
Ini
trik tercerdik. Para pengelola memasang snack dan makanan kecil di
samping kasir setinggi mata anak balita. Balita yang ikut mengantri
dengan orangtua tentu akan sangat tergoda dan meminta kepada orangtuanya
untuk dibelikan snack tersebut.
Saturday, October 20, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment