Follow Us @silviawt

Sunday, August 26, 2012

Bukan Beban Berat Yang Membuat Kita Stress

Saya sangat berharap keadaan kamu baik2 saja. (wah kayak nulis surat aja yah heheh). Tapi saya serius lho. Biarpun harus menghadapi tugas yang numpuk di sekolah or di kampus, menghadapi ujian akhir, baru putus pacar, belom juga dapet pacar, atau lagi ada masalah sama bokap nyokap plus lagi ribut ama temen or sodara, intinya kamu lagi ada masalah, semoga ngga bikin kamu jadi stress ngadepin masalah kamu ya :)
Sebenernya alamiah aja kok kalo akhirnya kamu ngalamin yang namanya stress. Tapi jangan sampai stress yang kamu alamin berkepanjangan. Yang namanya stress musti cepet2 diatasin. Soalnya neh yang namanya stress kalo terus dibiarin bisa berkembang jadi depresi, dan kalo depresi terus didiemin alias ngga diobatin bisa mengganggu kejiwaan alias berkembang jadi gila!
Ada solusi dari Pak Stephen Covey waktu beliau memberikan kuliah tentang Manajemen Stress. Waktu itu Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: “Seberapa berat menurut anda kira-kira segelas air ini?” Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. “Ini bukanlah masalah berat absolut dari segelas air, tapi tergantung dari berapa lama anda memegangnya, itu yang membuatnya semakin berat,” kata Covey.
“Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”
“Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya,” lanjut Covey. “Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi.” Kita harus meninggalkan beban kita secara periodic, agar kita dapat lebih segar dan mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari pekerjaan sore ini, tinggalkan beban tersebut.”
Dan menurut Stephen Covey “Bukan beban berat yang membuat kita Stress, tetapi lamanya kita memikul beban tersebut.”
So guys kalo kamu merasa nggak kuat mikul beban hidup lebih baik kamu menyerahkan kepada Tuhan karena Dia sangat tahu siapa kita, dan seberapa kuatnya kita. Curhat dengan orang yang bijaksana dan bisa dipercaya juga oke banget untuk mengurangi beban persoalan. Bersyukur, juga bisa kamu lakuin supaya lebih enjoy menghadapi persoalan hidup. Intinya cari cara yang positif supaya kamu jangan sampai jadi stress ok! :)

No comments:

Post a Comment